Komunitas Seni KKPMB Tampil Perdana di Acara Seminar dan Lokakarya Kebudayaan

KKPMB.OR.ID | Sejak terbentuk beberapa bulan yang lalu, diinisiasi oleh bebeberapa anggota KKPMB. Komunitas Seni KKPMB akhirnya tampil perdana di acara kegiatan Seminar dan Lokakarya Kebudayaan Batetangnga yang bertempat di lapangan sepak bola Batetangnga, Senin (18/6/2018).

Mereka menampilkan tiga tarian sebagai bagian dari sesi hiburan. Diantaranya, tari Paddupa asal bugis diawal acara dan tarian kreasi antara tari asal Toraja dengan tari To Eran Batu dipenghujung acara.

Muammar Amar, salah satu anggota Komunitas Seni KKPMB mengatakan bahwa alasan mengkreasi antara kedua tari tersebut, karena ada kemiripan dari segi kebudayaan, bahasa, adat dan turunan dari keadaan demokrafi antara kedua daerah tersebut, Toraja dan etnis Pattae.

“alasan kami mengkreasi antara tari Toraja dan Tari To Eran Batu, karena kedua daerah tersebut punya kesamaan budaya, bahasa, adat dan turunan dari keadaan demokrafi, terlepas sebenarnya sudah lumrah mengkreasikan beberapan tarian dalam satu penampilan sekarang ini”, paparnya (18/6).

Ia melanjutkan. Latar belakang dan makna tarian To Eran Batu adalah sebuah ritual upacara yang memantik dinamit semanga sebelum para pemberani berangkat ke medan perang.

“sebenarnya tarian To Eran Batu itu sebuah ritual upacara perang, dimana melalui ritual itu dapat membangkitkan semangat para pejuang sebelum turun ke gelanggang peperangan. Pejuang tersebut membawa tombak, pedang, keris dan beberapa perlengkapan perang lainnya”.

Seiring perkembangan saman, Tari To Eran Batu kini hanya sekadar ditampilkan sebagai hiburan pada acara-acara pertemuan yang besar sebagai sesi hiburan. Dilain sisi juga sebagai bentuk melestarikan Tari To Eran Batu. (Zaruk*/)
Share on Google Plus

About KKPMB

Kerukunan Keluarga Pelajar Mahasiswa Batetangnga (KKPMB) adalah oragnisasi paguyuban yang menghimpun pelajar dan mahasiswa yang berasal dari desa Batetangnga.

0 komentar:

Post a Comment